Peran Digital PR dalam SEO: Bagaimana dan Mengapa Hal Tersebut Sangat Penting

Peran Digital PR dalam SEO: Bagaimana dan Mengapa Hal Tersebut Sangat Penting

Membangun backlink atau tautan sudah lama dianggap sebagai sebuah strategi SEO (search engine optimization) yang paling penting untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari Google. Semakin banyak tautan yang kita dapatkan, terutama dari situs-situs yang memiliki otoritas tinggi, semakin baik peringkat pencarian situs kita di Google.

Sponsored links

Tapi perlu diingat, SEO telah berkembang dengan pesat. Algoritma Google sekarang jauh lebih canggih daripada sebelumnya, terlebih lagi saat algoritma E-E-A-T (Expertise, Experience, Authoritativeness, Trustworthiness) diperkenalkan ke publik. Penerapan algoritma tersebut berdampak pada banyak situs yang memiliki konten tidak berkualitas dan hanya melakukan spam backlink harus tersingkir dari peringkat atas mesin pencari Google.

Lalu strategi SEO apakah yang bisa kita lakukan sekarang dengan algoritma terbaru dari Google? Salah satu strategi SEO yang bisa kita gunakan adalah strategi digital PR. Strategi tersebut bertujuan untuk membangun reputasi merek dan meningkatkan visibilitas online sebuah situs. Strategi ini menitikberatkan pada pengalaman perjalanan pembeli, membuat narasi atau cerita berdasarkan riset yang dibuat dan membina hubungan dengan media-media yang memiliki otoritas tinggi serta para influencer atau profesional di bidang tertentu.

Sebelum kita melanjutkan membahas Digital PR dalam SEO, kita harus memahami bersama bahwa:

  • Digital PR dalam SEO bukanlah tentang membangun sebuah backlink, tapi sebuah cara untuk mendapatkan backlink secara organik.
  • Mengintegrasikan PR dan SEO merupakan sebuah langkah yang bertujuan untuk membangun reputasi secara online.
  • Digital PR dalam SEO bukan hanya tentang backlink dan brand mentions semata. Kedua hal tersebut hanyalah bagian dari reputasi.
  • Digital PR dalam SEO berfokus pada reputasi online perusahaan, merek atau produk/layanannya, pengalaman perjalanan pelanggan, dan membina hubungan dengan media-media yang memiliki otoritas tinggi serta para influencer atau profesional dibidang tertentu.
  • Membuat kampanye digital dari sebuah riset tren memungkinkan perusahaan, bertujuan agar merek dan produk/layanan tersebut mendapatkan liputan dari media untuk meningkatkan reputasi secara online.

Pengertian Digital PR dan E-E-A-T

Digital PR dan E-E-A-T adalah dua konsep yang akan mengubah cara pandang kita tentang SEO. Di mana dua hal tersebut saling berhubungan untuk meningkatkan peringkat situs kita pada mesin pencari Google. Digital PR diperlukan untuk memenuhi syarat E-E-A-T yang menjadi syarat penilaian situs tersebut pantas atau tidak untuk menempati peringkat atas pada mesin pencari Google. Lalu apa sih Digital PR dan E-E-A-T itu?

Digital PR adalah strategi yang mengintegrasikan PR tradisional dengan kemajuan digital untuk meningkatkan visibilitas online sebuah merek atau individu. Hal tersebut tidak terbatas hanya untuk mendapatkan backlink dari situs lain, tetapi juga tentang membangun hubungan dengan influencer, jurnalis, dan blogger yang dapat meningkatkan kredibilitas dan otoritas online sebuah situs. Digital PR mencakup berbagai aktivitas seperti penyebaran press release online, kolaborasi dengan influencer, dan pengelolaan media sosial, semua hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendukung upaya strategi SEO.

E-E-A-T atau Expertise, Experience, Authoritativeness, Trustworthiness adalah framework yang digunakan oleh Google untuk menilai kualitas konten sebuah situs. Google ingin memastikan bahwa situs yang muncul di halaman pertama mesin pencari tersebut tidak hanya relevan dengan kata kunci yang sedang dicari, tetapi juga ditulis oleh orang yang berkompeten, berpengalaman dan dapat terpercaya. Dari framework tersebut, untuk mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari, konten yang kita buat harus sesuai dengan keahlian yang memang kita miliki, dibuat oleh orang yang memang sudah kredibel, berpengalaman dan terpercaya pada bidang tersebut. Selain itu, tak kalah penting juga faktor pengalaman pengguna yang mulai dianggap penting oleh Google, dimana konten harus memberikan jawaban dari apa yang pembaca inginkan (user intent).

Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa, integrasi Digital PR dan E-E-A-T merupakan salah satu strategi SEO dalam menghadapi algoritma Google terbaru yang harus kita terapkan. Digital PR membantu membangun otoritas dan kepercayaan melalui backlink berkualitas melalui hubungan baik dengan media, influencer, dsb. Secara paralel, membuat konten yang menunjukkan keahlian, pengalaman dan kredibilitas pada bidang tertentu, menjadi penting juga untuk memenuhi syarat E-E-A-T.

Peran Digital PR dalam Meningkatkan E-E-A-T

Dalam dunia SEO, membangun kredibilitas dan kepercayaan bukanlah pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam waktu semalam, hal ini memerlukan strategi yang terukur dan berkelanjutan. Digital PR memegang peranan penting dalam proses tersebut, terutama dalam meningkatkan empat pilar utama E-E-A-T: Expertise, Experience, Authoritativeness, Trustworthiness.

  • Pertama, mari kita bicara tentang Expertise (keahlian). Apakah bisnismu memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu? Jika YA, Digital PR akan membantu menyampaikan spesialisasi bisnis kita kepada audiens secara lebih luas. Salah satu caranya yaitu dengan mempublikasikan konten berkualitas yang menunjukkan pemahaman mendalam tentang topik tertentu, Konten tersebut tidak hanya memberikan manfaat kepada pembaca tetapi juga menegaskan posisi kita, bahwa kita kredibel dan dapat dipercaya dalam bidang tersebut. Kolaborasi dengan media atau blog yang kredibel untuk membagikan insight, press release atau tulisan kita dengan cara mengutip merupakan cara yang efektif untuk hal ini.
  • Selanjutnya adalah Experience (pengalaman). Pengalaman pengguna terhadap produk atau layanan yang kita sediakan, juga dapat mempengaruhi bagaimana Google menilai situs yang memiliki produk atau layanan tersebut. Digital PR dapat membantu kita untuk mendapatkan umpan balik tentang bagaimana pengalaman audiens saat menggunakan produk atau layanan yang kita berikan. Umpan balik tersebut nantinya dapat kita jadikan sebagai konten untuk menceritakan pengalaman positif pelanggan saat menggunakan produk atau layanan yang kita miliki. Pengalaman yang baik akan meningkatkan visibilitas online dari merek yang kita miliki.
  • Authoritativeness (otoritas). Otoritas online dapat tumbuh ketika nama atau merek yang kita miliki dicantumkan sebagai tautan sumber informasi yang dikutip dalam sebuah konten. Digital PR memfasiltasi hal ini dengan cara bekerja sama dengan influencer, blogger, media online atau para profesional dalam bidang yang sama. Bentuk kerjasamanya bisa dalam bentuk endorse, content placement, guestpost, press release, dsb. Google akan menganggap merek atau situs kita kredibel setelah mendapat brand mentions dari entitas-entitas tersebut.
  • Terakhir, Trustworthiness (kepercayaan) adalah salah satu aspek yang tak kalah pentingnya dalam framework E-E-A-T. Dalam era digital ini, seringkali kita menemui konten-konten yang bersifat hoax atau memberikan disinformasi terhadap suatu hal. Membangun kepercayaan dengan audiens kita dalam era digital ini sangatlah penting. Digital PR memainkan peran penting dalam hal tersebut dalam menciptakan narasi positif seputar produk atau layanan yang kita miliki, biasanya berupa konten yang berisi ulasan positif, testimoni pelanggan, atau studi kasus lapangan adalah cara terbaik dalam membangun kepercayaan.

Digital PR dapat membantu kita dalam beresonan dengan nilai-nilai E-E-A-T melalui strategi-strategi yang berkaitan dengan pembuatan konten, membina hubungan baik dengan media atau influencer dan memanfaatkan umpan balik dari pelanggan untuk membangun reputasi secara online. Strategi-stategi tersebut akan kita bahas lebih lanjut pada bagian berikutnya.

Strategi Digital PR untuk Membangun E-E-A-T

Memaksimalkan E-E-A-T melalui Digital PR adalah sebuah seni yang memadukan keahlian komunikasi, SEO, dan pemahaman mendalam tentang target audiens yang kita miliki. Berikut ini adalah beberapa strategi utama yang dapat digunakan untuk membangun E-E-A-T melalui Digital PR:

  • Kolaborasi dengan Influencer: Menggandeng para influencer untuk kepentingan bisnis kita, tidak hanya memperluas visibilitas online bisnis tersebut tetapi juga dapat meningkatkan kredibilitas bisnis tersebut. Ketika seorang influencer membagikan atau menyebutkan hal-hal yang terkait dengan bisnis kita melalui sosial media atau situs mereka, hal tersebut seolah-olah memberi tahu audiens dan mesin pencari bahwa bisnis kita adalah bisnis yang kredibel dan terpercaya.
  • Membangun Hubungan dengan Media: Mempublikasikan press release atau artikel di media yang kredibel dapat secara signifikan meningkatkan otoritas dan kepercayaan merek. Membina hubungan yang baik dengan jurnalis dan editor dapat membantu mendapatkan liputan dengan mudah dan memungkinkan kita mendapatkan pemberitaan yang baik.
  • Konten Berkualitas: Membuat konten yang informatif, akurat, dan menarik sangat penting untuk menarik audiens agar mau membacanya. Selain itu, konten yang dibuat harus relevan dengan produk atau layanan yang kita sediakan, menyediakan jawaban yang dicari oleh audiens, dan dapat dipahami dengan mudah oleh audiens.
  • Manfaatkan Ulasan Positif: Ulasan positif dari pelanggan atau pengguna dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan Trustworthiness. Mengelola ulasan positif tersebut dengan cara menjadikan konten di situs atau sosial media kita, menunjukkan bahwa produk atau layanan yang kita sediakan memiliki kredibilitas yang baik dan dipercaya oleh para penggunanya.
  • Transparansi: Untuk meningkatkan kepercayaan terhadap produk atau layanan yang kita berikan, salah satu strategi yang bisa kita terapkan adalah transparansi. Memberikan transparansi tentang siapa kita dan apa yang kita tawarkan secara mendetail dapat meningkatkan kepercayaan audiens kepada kita. Biasanya, hal-hal tersebut tercantum pada halaman “Tentang Kami” atau halaman “Kebijakan Privasi” dalam sebuah situs. Kita juga harus memastikan situs web kita aman untuk pengguna dan menjamin keamanan data penggunanya.
  • Optimasi untuk Search Intent: Memahami intent pencarian audiens dan menyediakan konten yang sesuai dengan kebutuhan tersebut tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna tetapi juga meningkatkan engagement di situs kita.
  • Monitoring dan Analisis:Kita dapat melakukan analisa, memonitoring reputasi online dan performa konten yang kita miliki melalui beberapa tools yang disediakan oleh beberapa situs seperti Semrush, Ahrefs, dan Google Analytics. Analisis ini penting untuk dilakukan untuk menyesuaikan langkah selanjutnya dalam penerapan sebuah strategi SEO.

Langkah Awal Mengimplementasikan Digital PR dan E-E-A-T dalam Strategi SEO

Setelah memahami beberapa hal penting terkait Digital PR dan E-E-A-T, saatnya kita mengimplementasikan kedua hal tersebut ke dalam strategi SEO. Agar lebih efektif diperlukan pemahaman tentang langkah-langkah awal apa sajakah yang harus dilakukan dalam penerapan strategi tersebut. Berikut adalah beberapa langkah awal yang bisa kita terapkan:

  • Tetapkan Tujuan dan Identifikasi Target Audiens: Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan apa yang ingin kita capai dengan strategi Digital PR dalam SEO. Apakah itu meningkatkan visibilitas online? Atau membangun kredibilitas merek? Setelah menentukan tujuan, kenali siapa target audiens kita. Pemahaman ini akan membantu kita dalam membuat perencanaan konten agar konten tersebut relevan dengan target audiens kita.
  • Kembangkan Konten yang Menunjukkan Keahlian: Konten adalah bagian penting dari penerapan strategi Digital PR dalam SEO. Fokuslah dengan membuat konten yang tidak sekedar informatif dan menarik tetapi juga menunjukkan pemahaman kita dalam bidang tersebut. Konten tersebut bisa berupa artikel ulasan, studi kasus, white paper, atau bahkan video tutorial.
  • Membangun Hubungan dengan Media dan Influencer: Digital PR sangat bergantung pada hubungan yang kita bangun dengan media, blogger, dan influencer. Mulailah dengan membuat daftar media, blogger dan influencer yang relevan dengan produk kita dan mulailah mengirimkan email atau chat melalui sosial media atau kontak pribadi yang dimiliki terkait dengan apa yang kita tawarkan. Ingat, personalisasi dan relevansi adalah kunci utama untuk membangun hubungan yang baik.
  • Manfaatkan Media Sosial untuk Meningkatkan Visibilitas: Media sosial adalah platform yang ampuh untuk memperluas jangkauan konten kita serta membangun keterlibatan dengan audiens. Gunakan platform ini untuk berbagi konten kita, terlibat diskusi yang relevan dengan produk kita, membuat gimmick dan memperkuat hubungan dengan pengikut serta influencer.
  • Monitor dan Evaluasi Kinerja: Setelah semua strategi kita jalankan, penting untuk memantau dan mengevaluasi kinerja dari apa yang telah diterapkan. Gunakan alat analitik seperti Semrush, Ahrefs atau Google Analytics untuk mengukur tingkat efektivitas konten, backlink yang diperoleh, dan perubahan dalam peringkat SEO. Umpan balik ini akan membantu kita dalam mengambil langkah selanjutnya, untuk memaksimalkan strategi tersebut.
  • Terus Menerus Optimalisasi: SEO dan Digital PR adalah proses yang berkelanjutan. Seiring dengan cepatnya perubahan dalam dunia digital, penting untuk tetap up-to-date dengan tren terbaru dan terus mengoptimalkan strategi kita. Seperti misalnya, mengupdate konten lama, mencari peluang backlink baru, dan eksperimen dengan format konten baru.

FAQ: Digital PR dan E-E-A-T dalam Strategi SEO

1. Apakah Digital PR benar-benar memengaruhi SEO?

Ya, Digital PR memiliki dampak yang signifikan terhadap SEO. Melalui pembuatan backlink berkualitas dari situs-situs terpercaya dan meningkatkan visibilitas merek secara online, Digital PR dapat meningkatkan peringkat pencarian sebuah situs. Selain itu, konten berkualitas yang dibagikan melalui kampanye Digital PR akan mendukung framework E-E-A-T, yang merupakan elemen penting dari alogritma mesin pencari Google.

2. Bagaimana cara mengukur efektivitas Digital PR dalam strategi SEO?

Efektivitas Digital PR dapat diukur melalui beberapa metrik, termasuk peningkatan jumlah dan kualitas backlink, perbaikan peringkat kata kunci, dan peningkatan lalu lintas organik ke situs kita. Penggunaan alat analitik SEO dapat membantu memonitor perubahan ini dan memberikan wawasan tentang kinerja strategi yang telah kita jalankan.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil dari integrasi Digital PR dan E-E-A-T?

Waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasil nyata dari integrasi Digital PR dan E-E-A-T bisa bervariasi, tergantung pada seberapa kompetitif industri tersebut dan seberapa kuat strategi yang kita terapkan. Biasanya, bisa memakan waktu beberapa bulan hingga satu tahun untuk melihat perubahan signifikan dalam peringkat SEO dan visibilitas online.

4. Apakah saya perlu menyewa agency khusus untuk Digital PR dan E-E-A-T?

Meskipun tidak mutlak diperlukan, bekerja dengan agency yang memiliki keahlian dalam Digital PR dan SEO bisa sangat membantu, terutama jika kita tidak memiliki sumber daya internal atau keahlian khusus. Agency dapat membantu kita dengan merencanakan strategi yang lebih spesifik, serta biasanya para agency juga memiliki jaringan media dan influencer yang luas.

Sponsored links

5. Bagaimana cara memulai jika anggaran saya terbatas?

Jika anggaran kita terbatas, mulailah dengan langkah-langkah kecil seperti mengoptimalkan konten untuk E-E-A-T, membangun hubungan dengan blogger dan influencer kecil, dan menggunakan media sosial untuk meningkatkan visibilitas. Fokus pada pembuatan konten berkualitas yang menunjukkan keahlian, pengalaman, otoritas, dan kepercayaan. Seiring waktu, investasi kecil tersebut akan membantu kita dalam membangun dasar yang kuat untuk sebuah strategi SEO.

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: