Apa itu Kue Lupis?

Apa itu Kue Lupis?

Berbicara soal kuliner Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Tak heran negara kepulauan yang memiliki beragam kebudayaan serta warisan kuliner yang beragam dan unik di setiap daerahnya, banyak menarik perhatian para wisatawan dari berbagai negara. Salah satu kuliner tradisional yang cukup terkenal dari Indonesia adalah Kue Lupis, sebuah jajanan pasar yang sederhana dengan rasa manisnya namu memiliki filosofi yang mendalam.

Sponsored links

Kue lupis adalah jajanan tradisional yang memiliki tekstur lembut dan kenyal, berbahan dasar beras ketan. Kue yang memiliki bentuk segitiga atau lonjong ini, biasanya disajikan dengan gula merah serta kelapa parut sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang sempurna.

Sejarah Kue Lupis

Bagaimana Sejarah Kue Lupis?

Asal-usul kue ini tidak tercatat secara pasti dalam dokumen sejarah, namun banyak sumber menyebutkan bahwa lupis telah ada sejak zaman kolonial Belanda. Seiring waktu, kue ini berkembang menjadi penganan khas yang terkenal di beberapa daerah seperti Jakarta, Lumajang, Pekalongan, dan berbagai daerah lain di Pulau Jawa.

Di kalangan masyarakat Jawa, lupis dikenal sebagai sesuatu yang berarti “terikat”. Pengertian ini tidak hanya tentang cara membungkusnya dengan daun pisang yang mengikat beras ketan, tapi juga menggambarkan harapan akan kebersamaan dan kesatuan dalam budaya.

Salah satu tradisi yang masih dilestarikan yang melibatkan kue lupis adalah tradisi Syawalan di Pekalongan. Tradisi ini diawali dengan pembuatan kue lupis khusus (kue lupis berukuran besar) di bulan Syawal, setelah bulan puasa Ramadan yang kemudian dibagikan ke masyarakat. Di Pekalongan, kebiasaan membagi kue lupis besar menjadi bagian penting dari perayaan Syawalan, menunjukkan betapa pentingnya hubungan sosial dan persaudaraan di antara masyarakat.

Bagaimana Proses Pembuatan Kue Lupis?

Dalam membuat kue lupis, diperlukan kehati-hatian dan kesabaran, karena setiap langkah dalam prosesnya sangat penting untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang khas.

Bahan-bahan Kue Lupis

  • Beras Ketan: Bahan dasar dalam pembuatan lupis, memberi tekstur kenyal dan lembut.
  • Daun Pisang: Digunakan sebagai pembungkus, daun pisang ini tidak hanya memberikan bentuk yang unik pada lupis tetapi juga aroma wangi khas.
  • Gula Merah: Disiramkan di atas lupis sebagai pemanis.
  • Kelapa Parut: Ditaburkan di atas lupis yang akan disajikan, menambah rasa gurih.

Langkah-langkah Pembuatan Kue Lupis

  1. Merendam Beras Ketan: Cuci beras ketan, lalu rendam dalam air beberapa jam dan tiriskan. Ini penting untuk mendapatkan tekstur yang pulen dan kenyal.
  2. Membungkus: Bungkus beras ketan yang sudah direndam dengan daun pisang. Biasanya dibuat bentuk kerucut atau silinder mirip lontong.
  3. Pengukusan: Kukus lupis sampai matang sempurna. Proses ini bisa memakan waktu sekitar satu sampai dua jam, tergantung jumlah dan ketebalan bungkus.
  4. Menyajikan: Buka lupis dari bungkus daun pisang. Sajikan dengan taburan kelapa parut yang sudah dikukus dan siram dengan saus gula merah. Saus gula merah ini dibuat dari gula merah, air, dan daun pandan yang dimasak hingga larut dan sedikit mengental.

Kue Lupis

Proses pembuatan kue lupis merupakan perpaduan antara bahan-bahan yang sederhana tetapi mampu menghasilkan rasa yang lezat. Setiap tahap dalam pembuatannya bukan hanya untuk memastikan kue tersebut enak, tapi juga untuk memelihara tradisi kuliner yang sudah lama ada.

Penasaran Pengen Mencicipi Kue Lupis?

Jika kamu penasaran dan pengen mencicipi kue lupis selain kamu bisa membuatnya sendiri, kamu bisa juga membeli kue lupis di tempat-tempat berikut ini,

  1. Pasar Tradisional: Jika kamu berdomisili di Yogyakarta, Semarang, Solo dan kota-kota sekitarnya, kamu bisa menemukan penjual lupis di pasar-pasar tradisional. Biasanya, mereka berjualan di pagi hari dan sudah habis saat menjelang siang.
  2. Penjual Keliling: Meskipun sudah jarang ditemui tetapi jika kamu berdomisili di Jakarta, kamu bisa menemukan penjual kue lupis keliling yang berkeliling di gang-gang perkampungan atau di dekat sekolah-sekolah.
  3. Toko Kue: Seiring dengan popularitasnya yang meningkat, Kue Lupis kini juga bisa ditemukan di toko kue tertentu di Pulau Jawa. Ini adalah salah satu tempat termudah yang bisa kamu datangi saat ingin membeli kue ini.

Selain ketiga tempat itu kadang kue lupis bisa juga kamu dapatkan di kafe atau restoran yang menyediakan menu tersebut atau di acara festival jajanan tradisional.

Nah, itu tadi pembahasan tentang sejarah, proses pembuatan dan di mana saja sih kamu bisa membeli kue lupis? Pada artikel yang lain kita akan membahas lebih jauh tentang, filosofi apa sih yang ada di kulier ini? Jadi.. Tungguin ya di artikel berikutnya!

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: