Daftar Film Anime yang Nggak Boleh Kamu Lewatin!

Daftar Film Anime yang Nggak Boleh Kamu Lewatin!

Anime telah menjadi salah satu bentuk hiburan yang populer di seluruh dunia. Banyak orang menikmati anime dengan alasan yang beragam, mulai dari cerita yang menarik, karakter yang unik, serta animasi yang memanjakan mata. Di antara berbagai jenis anime yang tersedia, film anime seringkali menjadi pilihan yang tepat untuk dinikmati, khususnya bagi orang yang tidak suka menunggu rilis anime per minggu karena dianggap terlalu lama.

Sponsored links

Namun, dengan begitu banyaknya film anime yang beredar, mungkin akan sulit untuk menentukan mana yang tepat untuk ditonton. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin menikmati film anime dan bingung untuk mulai dari mana, simak saja daftar film anime yang tentunya tidak boleh kamu lewatin berikut ini.

Grave of the Fireflies (Hotaru no Haka)

 

Grave of the Fireflies merupakan film animasi Jepang karya Ghibli yang dirilis pada 16 April 1988. Grave of the Firelies ini diambil dari cerita pendek semi autobiografi karangan Akiyuki Nosaka yang diterbitkan pada tahun 1967. Jalan ceitanya didasarkan pada pengalaman pribadinya pada saat tragedi pengeboman Amerika di Kobe tahun 1945.

Mengisahkan tentang dua bersaudara, Seita dan Setsuko, yang mencoba untuk bertahan hidup semasa Perang Dunia II di Jepang. Mereka dituntut untuk terus berjuang menghadapi kelaparan, kesulitan ekonomi, serta kehilangan orang yang mereka sayangi. Dengan membawa harapan yang diselimuti kasih sayang dan cinta, Seita dan Setsuko berjuang untuk tetap hidup, namun pada akhirnya mereka mengalami nasib yang amat tragis. Oleh karena itu, film animasi ini dianggap sebagai salah satu film animasi terbaik yang pernah dibuat dan diakui secara luas sebagai karya seni yang mampu menyentuh dan menyayat hati.

The Garden of Words (Kotonoha no Niwa)

The Garden of Words merupakan anime bergenre drama romansa yang menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Takao yang bejumpa dengan seorang wanita misterius bernama Yukino di taman ketika hujan. Mereka mulai bertemu di taman setiap kali hujan datang dan saling menceritakan kesulitan hidup mereka. Seiring berjalannya waktu, keduanya mulai merasa semakin dekat satu sama lain. Namun, disisi lain jarak usia dan kehidupan mereka yang jauh berbeda membuat hubungan mereka ini menjadi begitu rumit.

Dirilis pada tanggal 31 Mei 2013 di Jepang, anime garapan Makoto Shinkai ini berhasil meraih rating 8.10/10 di situs IMDb dan rating 8.06/10 di situs MyAnimeList.

5 Centimeters per Second

Rilis pada 3 Maret 2007 di Jepang, anime berdurasi 1 jam 3 menit garapan Makoto Shinkai ini pernah mendapatkan penghargaan Best Animated Featured Film pada ajang Asian Pasific Screen Awards 2007.

Anime yang bergenre drama romansa ini mengisahkan tentang dua teman masa kecil, Takaki dan Akari yang terpisahkan oleh jarak dan waktu. Meskipun telah berpisah bertahun-tahun, keduanya masih saling mengingat dan merindukan satu sama lain. Mereka berusaha untuk dapat bertemu kembali, namun berbagai kesulitan dan keadaan tak terduga selalu menghalangi upaya meraka untuk bertemu. Kisah ini menggambarkan bertapa sulitnya mempertahankan hubungan jarak jauh dan betapa pentingnya mengambil keputusan agar tetap dapat menjalankan hidup.

I Want to Eat Your Pancreas (Kimi no Suizou wo Tabetai)

Bercerita tentang seorang siswa SMA introvert bernama Haruki Shiga yang menemukan buku harian teman sekelasnya, Sakura Yamauchi yang menderita penyakit pankreas kronis yang tidak bisa disembuhkan. Sakura memutuskan untuk menghabiskan hari-hari terakhirnya dengan merencanakan perjalanan dan menikmati waktu bersama dengan Haruki. Meskipun pada walnya Haruki menolak, namun pada akhirnya Haruki pun terlibat dalam perjalanan emosional ini, kemudian ia mulai bisa melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Meraih penghargaan Animation of the Year pada Japan Aacademy Prize tahun 2019, Anime yang dirilis pada 1 September 2018 ini merupakan adaptasi dari novel ringan karya Yoru Sumino dengan judul yang sama. Dalam cerita ini, kita diajarkan betapa berharganya setiap momen yang kita miliki, serta betapa pentingnya untuk senantiasa bersyukur dalam kehidupan sehari-hari.

A Silent Voice (Koe no Katachi)

Berdurasi selama kurang lebih 130 menit, anime yang rilis di Jepang pada 17 September 2016 ini merupakan adaptasi dari manga yang ditulis serta diilustrasikan oleh Yoshikito Oima dengan judul yang sama. Selain berhasil meraih penghargaan Animation of the Year pada Japan Aacademy Prize tahun 2017, anime ini juga sukses secara komersial dengan meraup keuntungan sebesar 2,3 miliar yen di box ofice Jepang.

Mengisahkan tentang seorang siswa SMA bernama Shoya Ishida yang memutuskan untuk memperbaiki kesalahannya dulu ketika ia membual serta meremehkan teman sekelasnya, Shoko Nishimiya yang tunarungu. Setelah beberapa tahun berlalu, Shoya menemukan Shoko dan memulai hubungan yang baru dengannya untuk menebus kesalahannya. Namun, dalam perjalanannya, mereka banyak dihadapi dengan kesulitan dan berbagai macam rintangan. Selain itu, Shoya pun harus menghadapi masa lalunya untuk bisa lanjut ke depan. Bukan hanya sekedar drama romansa, ini adalah sebuah kisah yang indah tentang persahabatan, penyesalan, dan pengampunan.

Weathering with You (Tenki no Ko)

Weathering with You merupakan anime drama antasi yang mengisahkan seorang remaja bernama Hodaka yang kabur dari rumah dan memutuskan untuk pindah ke Tokyo. Di Tokyo, ia bertemu dengan Hina, seorang gadis yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca. Kemudian, Hodaka memutuskan untuk membantuk Hina dengan memanfaatkan kekuatannya untuk memperbaiki kehidupan mereka. Namun tanpa disadari, semakin sering menggunakan kemampuannya itu, semakin banyak pula resiko yang harus ditanggung.

Sponsored links

Rilis pada 19 Juli 2019, anime garapan Makoto Shinkai ini merupakan adaptasi dari novel yang ia tulis sendiri. Anime ini terpilih sebagai perwakilan Jepang untuk kategori Film Internasional Terbaik di Academy Awards ke-92. Anime ini juga sukses meraih pendapatan box office sebesar 14,06 miliar yen di Jepang, menjadikannya sebagai film terlaris keempat pada tahun 2019 di Jepang.

Your Name (Kimi no Nawa)

Your Name ialah anime drama fantasi yang mengisahkan tentang dua remaja, Taki dan Mitsuha yang secara tiba-tiba bertukar tubuh secara misterius, padahal mereka sama sekali belum pernah bertemu. Taki dan Mitsuha mulai mengenal satu sama lain melalui interaksi yang mereka lakukan dalam kehidupan sehari-hari, dan keduanya saling membantu dalam menghadapi berbagai macam masalah yang mereka hadapi. Namun, ketika hubungan mereka sudah semakin dalam, takdir memisahkan mereka. Oleh karena itu, mereka berjuang untuk menemukan satu sama lain meskipun terhalang oleh jarak dan waktu yang tak terbatas. Anime ini merupakan kisah tentang cinta, takdir, dan keajaiban yang begitu indah.

Anime garapan Makoto Shinkai yang dirilis di Jepang pada 26 Agustus 2016 ini sukses mendapatkan penghargaan untuk kategori Film Animasi Terbaik pada The 71st Mainichi Film Awards, serta memenangkan penghargaan Animasi Terbaik pada The 40th Japan Academy Prize. Selain itu, anime ini sukses meraih pendapatan boc office sebesar 25,03 miliar yen di Jepang, menjadikannya sebagai ilm anime terlaris sepanjang masa di Jepang. Anime ini juga diterima baik di seluruh penjuru dunia dan menjadi salah satu film anime paling populer sepanjang masa. Bahkan, ada ungkapan bahwa apabila seseorang tidak menangis atau tersentuh hatinya ketika ia menonton anime ini, maka dia bukanlah manusia.

Itulah beberapa daftar rekoomendasi film anime yang ngga boleh kamu lewatin. Kira-kira kamu tertarik nonton yang mana?

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY

Memiliki ketertarikan dalam dunia pariwisata, olah raga, dan sosial politik. Masyarakat luas juga berhak mengetahui serta berekspresi dalam hal tersebut.

Artikel Lainnya: