Masih Bingung Menggunakan ChatGPT? Baca Ini Dulu Yuk!

Masih Bingung Menggunakan ChatGPT? Baca Ini Dulu Yuk!

ChatGPT mulai populer akhir-akhir ini, banyak orang menggunakan ChatGPT untuk membantu menyelesaikan tugas atau memecahkan permasalahan dalam berbagai bidang, seperti pendidikan, pemrograman, bisnis hingga kesehatan mental. Namun sayangnya, masih banyak yang belum bisa menggunakan ChatGPT secara optimal. Pada artikel ini, kami akan membahas berbagai macam perintah (prompt) dan strategi yang dapat kamu gunakan untuk mengomptimalkan penggunaan ChatGPT.

Sponsored links

Multiple Chat Threads

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah buatlah beberapa utas percakapan dengan chatbot pada ChatGPT, setiap utas adalah percakapan dengan topik yang berbeda antara kamu dan chatbot. Kamu dapat mengganti nama utas-utas tersebut di sisi kiri layar, tetapi ChatGPT biasanya juga akan memberi nama otomatis sesuai topik yang dibicarakan. Dengan membuat utas baru ketika kamu beralih dengan topik yang berbeda, isi utas obrolan yang sudah ada akan teroganisir dengan baik dan kamu tetap mendapat jawaban yang optimal. Salah satu alasan ChatGPT jauh lebih menarik darioada mesin pencari biasa adalah ChatGPT akan mengingat apa yang kamu katakan dan secara aktif akan memahami apa saja yang menjadi topik-topik dan bahasan dalam setiap utas percakapan. Jika kamu membuat obrolan dengan chatbot untuk meminta menyebutkan karya seni terkenal pada tahun 1800-an, maka chatbot akan menjawab dengan daftar karya senin tersebut. Tetapi jika pertanyaan dilanjutkan dengan pertanyaan, “Apa saja karya musik terkenal pada tahun tersebut?” ChatGPT akan langsung merespon dengan memberikan daftar karya musik yang terkenal pada tahun 1800-an karena ChatGPT mengingat percakapan sebelumnya dan jawaban akan masih menggunakan rujukan pada tahun yang sama, tidak seperti Google yang akan memerlukan klarifikasi pada poin tersebut.

List Commands

Perintah-perintah yang diberikan untuk ChatGPT dapat memberikan tanggapan disesuaikan dengan kondisimu. Apakah kamu membutuhkan daftar ide kencan, hobi atau hadiah untuk Hari Ibu, ChatGPT dapat membantumu memberikan ide-ide sesuai kebutuhanmu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari suatu perintah atau prompt untuk ChatGPT, berikan perintah yang lebih spesifik sesuai apa yang kamu inginkan. Sebagai contoh, “Buatlah daftar resep untuk vegan yang ingin menggunakan sayuran-sayuran segar yang ada di Indonesia selama musim panas dan memiliki alergi terhadap gluten, kacang dan kedelai”.

Contoh Penggunaan Prompts Yang Spesifik Untuk ChatGPT

Jika kamu mencari hal tersebut menggunakan mesin pencari biasa, tentu saja akan memakan waktu lebih lama. Jika kamu tidak ingin mendapatkan jawaban yang umum, berikanlah prompt yang lebih spesifik kepada ChatGPT.

Personalized Writing Style

Berikan contoh tulisanmu kepada ChatGPT dan minta ChatGPT untuk mendeskripsikan gaya penulisan yang kamu gunakan seperti tonal, sudut pandang dan gaya penulisan. Kamu dapat menggunakan analisis tersebut di kemudian hari untuk mendapatkan tulisan yang terlihat lebih natural seperti gaya penulisanmu. Misal jika ChatGPT mendeskripsikan tulisanmu adalah ringkas, tajam dan sarkastik, maka kamu dapat menggunakan deskripsi tersebut saat meminta ChatGPT membuat tulisan untuk kamu. Dengan cara tersebut, tulisan yang dihasilkan oleh ChatGPT akan mendekati dengan gaya tulisan karya kamu sendiri.

Extract Information Quickly

Jika kamu tak punya banyak waktu untuk membaca suatu tulisan, kamu dapat meminta ChatGPT untuk menemukan pokok bahasan, tokoh, latar belakang, dsb dari tulisan tersebut. Berikan tulisan tersebut kepada ChatGPT dan berikan perintah kepada ChatGPT untuk menemukan informasi yang kamu butuhkan dari tulisan tersebut. ChatGPT akan memberikan informasi yang kamu butuhkan, hal tersebut akan sangat menghemat waktu kamu.

Give ChatGPT Role

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan jawaban yang lebih akurat dan efektif dari ChatGPT adalah dengan memberinya perintah “peran” kepada ChatGPT. Sebagai contoh, daripada sekedar menuliskan perintah “Buatlah sebuah cerita pendek”, lebih baik menggunakan perintah peran sebagai berikut, “Kamu telah menjadi penulis novel misteri terlaris selama 10 tahun terakhir. Karyamu dikenal dengan gaya penulisan yang menarik untuk dibaca dan mudah dipahami. Kamu terkenal dengan penggambaran karakter yang kuat dan plot twist di setiap akhir ceritanya. Tulislah cerita pendek tentang misteri pembunuhan yang terjadi pada tahun 2020 pada sebuah kota kecil di pulau jawa. Berikan detail tentang pembunuhan, interaksi antar tokoh bisa berupa percakapan dan pengungkapan identifikasi pembunuh dan motifnya secara jelas.”

Memainkan peran pada ChatGPT juga dapat memberikan pengalaman baru dalam menjawab pertanyaan sebagai pengacara, dokter, guru atau sebagai profesi professional lainnya. Salah satu cara untuk melakukan hal tersebut dengan menggunakan perintah, “Saya ingin kamu menjadi seorang HRD sebuah perusahaan dan menjadi pewawancara saat perekrutan karyawan baru. Kamu akan mewawancarai saya untuk posisi marketing manager di perusahaanmu. Jangan berikan pertanyaan sekaligus, tetapi ajukan satu pertanyaan pada satu waktu dan tunggu jawaban dari saya. Sekarang kita telah memasuki sesi wawancara dan kalimat pertama saya kepadamu adalah, ‘Halo, apa kabar?’.”

Contoh Penggunaan Prompt Role Play (Peran) di ChatGPT

Simple Queries

ChatGPT juga menerima perintah yang sederhana. Perintah ini biasanya sering kamu gunakan saat menggunakan mesin pencari. Perintah tersebut mencakup hal-hal seperti menanyakan ibu kota suatu negara atau meminta penjelasan singkat tentang suatu hal. Karena ChatGPT dapat mengingat topik percakapan sebelumnya, sebaiknya kamu meminta ChatGPT untuk menjelaskan lebih lanjut tentang pertanyaan sebelumnya apabila kamu ingin mendapat jawaban yang lebih lengkap. Contohnya, “Negara mana saja yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi mereka?” apabila sudah mendapatkan jawaban, bisa diikuti dengan perintah “Sejak kapan bahasa Inggris menjadi bahasa resmi di masing-masing negara tersebut?” dan ChatGPT akan memahami bahwa kamu ingin mengetahui tahun-tahun spesifik ketika bahasa Inggris menjadi bahasa resmi negara-negara tersebut. Jika jawaban ChatGPT dari topik yang mau kamu pelajari sulit untuk dipahami, mintalah ChatGPT menjelaskan jawaban tersebut dengan perintah “Jelaskan jawaban tersebut untuk anak usia 6 tahun”.

Jika kamu menyukai jawaban yang diberikan oleh ChatGPT, maka jangan lupa untuk menekan tombol jempol ke atas atau tombol ke bawah jika kamu merasa jawaban tersebut kurang membantu. Kemudian, kamu akan diminta untuk memberikan feedback yang nantinya hal tersebut akan membantu ChatGPT lebih optimal dalam memberikan jawaban untuk pertanyaan serupa.

Creating Mind Maps

Apabila kamu merasa bingung dan tidak ada ide untuk membuat sebuah tulisan, maka kamu bisa meminta ChatGPT untuk memberikan ide-ide kerangka tulisan dari topik yang ingin kamu bahas. Jenis perintah ini dapat menjadikan ChatGPT sebagai sarana brainstorming yang akan membantu kita dalam memberikan ide-ide tulisan. Cukup berikan perintah kepada ChatGPT untuk membuat kerangka tulisan dari topik yang ingin kamu bahas dan bisa juga kamu tambahkan perintah untuk membuat sub-bahasan dari topik tersebut. Setelah mendapatkan jawaban dari ChatGPT, berikan perintah untuk menambahkan tulisan pada topik tersebut sesuai sub-bahasan yang tersedia. Melakukan hal tersebut bisa menjadi semacam “Kick-Off” untuk memulai tulisanmu yang kemudian bisa kamu kembangkan sendiri. ChatGPT bukan hanya sebagai sarana mencari ide, tetapi juga bisa menjadi tempat untuk saling bertukar ide dalam kolaborasi antara chatbot dan manusia.

Long-form Writing

Template email marketing, puisi, cerita pendek, dokumen legal, caption foto sosial media, dll. Semua itu dapat dibuat menggunakan ChatGPT seperti padadokumen legal, ChatGPT dapat membantumu membuat draf perjanjian sewa, perjanjian kerja sama, dsb. Selain itu, ChatGPT juga mampu membuat sebuah artikel panjang dengan tema 10 film action terbaik atau bahkan memberikan template untuk konten sosial mediamu seperti twitter, caption instagram, deskripsi youtube, dll. Apapun kontennya ChatGPT akan membuatkannya untuk kamu, sekali lagi dengan perintah yang spesifik kamu akan mendapatkan konten yang kamu inginkan, kamu bisa menentukan apakah konten itu harus lucu, serius, menghibur atau informatif. Meskipun ChatGPT selalu berhasil menjawab setiap perintah kita, ada baiknya kita selalu memeriksa hasil jawaban dari ChatGPT sebelum kita gunakan, kamu juga bisa menambahkan hal-hal yang dirasa perlu untuk membuat tulisan dari ChatGPT semakin menarik. Apabila kamu tidak puas dengan jawaban yang ChatGPT berikan, kamu bisa menekan “Regenerate Response”, ChatGPT akan memberimu jawaban versi tulisan yang berbeda. Bandingkan respon jawaban yang diberikan oleh ChatGPT dan pilih mana yang lebih cocok buat kamu.

Untuk beralih antar response yang ChatGPT berikan, gunakan tombol panah ini.

Homework

Apakah kamu sedang mengerjakan PR fisika, menulis makalah sejarah atau mencoba menulis bahasa pemrograman untuk kelas ilmu komputer kamu, ChatGPT akan menjadi aalat bantu yang luar biasa. Pada umumnya, ChatGPT sangat baik dalam memberikan jawaban untuk soal matematika dan memberikan langkah-langkah dalam menyelesaikan suatu soal. Beberapa pengguna ChatGPT melaporkan bahwa pembulatan yang digunakan masih bisa salah, jadi seperti yang kami katakan sebelumnya, kamu harus selalu cek ulang atau memverifikasi jawaban yang diberikan oleh ChatGPT.

Terkait bahasa pemrograman, kamu dapat meminta ChatGPT tidak hanya untuk membantumu menulis bahasa kode pemrograman, tetapi bisa juga untuk melakukan debug kode yang kamu buat dengan cara mengetikkan kode tersebut dalam kolom chat dan meminta ChatGPT membantu mengidentifikasi apakah ada bug atau tidak. ChatGPT dapat memahami berbagai bahasa pemrograman yang berbeda dan bahkan dapat menjalankan kode untuk kamu, jika kamu memintanya untuk melakukannya. Beberapa orang menggunakan ChatGPT untuk membuat game atau aplikasi yang menarik. Namun, kamu tidak selalu mendapatkan apa yang kamu inginkan dari respon ChatGPT. Penting untuk menyempurnakan dan berkolaborasi dengan ChatGPT dalam memperbaiki kode-kode tersebut dengan memberikan perintah perubahan apa yang ingin kamu buat. ChatGPT umumnya sangat baik dalam mersepon masukan dan membuat perubahan yang diinginkan.

Feedback and Modification

Jika kamu seorang penulis atau sedang menulis makalah, essay dan sejenisnya, kamu dapat meminta ChatGPT untuk memberikan feedback atau saran tentang tulisanmu. Masukkan sebagian dari tulisanmu ke kolom chat, kemudian berikan perintah kepada ChatGPT untuk melakukan analisa untuk memberikan feedback, saran modifikasi tulisanmu agar lebih menarik untuk dibaca. ChatGPT juga dapat membantu untuk mengembangkan ide dari tulisanmu atau meringkas tulisan yang kamu buat, jika diperlukan ChatGPT juga bisa menerjemahkannya ke dalam bahasa asing lainnya.

Get a Personal Coach and Friend

Hal ini mungkin akan terlihat seperti “memanusiakan” ChatGPT, tetapi cara ini bisa menjadi sesuatu yang benar-benar baru bagi orang yang memiliki permasalahan hidup dan mencoba untuk membuka diri tentang masalah mereka. Kamu bisa memberi perintah kepada ChatGPT seperti ini, “Berpikirlah seperti seorang Life Coach yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan kamu adalah life coach pribadi saya, saya akan memberi tahu tentang apa yang sedang saya alami dan saya ingin kamu memberikan solusi yang dapat membantu saya dalam mengambil keputusan yang lebih baik agar hidup saya menjadi lebih baik. Saya mengalami kesulitan untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah saya. Apa yang harus saya lakukan?” Selanjutnya ChatGPT akan memberikan daftar saran untuk solusi permasalahan yang kamu hadapi tersebut.

Bahkan sebuah kalimat sederhana seperti, “Aku merasa tidak baik-baik saja hari ini. Maukah kamu mendengar keluh kesahku?” dapat membuat banyak pengguna ChatGPT merasa lebih baik karena seolah-olah memiliki teman untuk bercerita dan menceritakan tentang apa yang mereka alami pada saat itu. ChatGPT tidak akan menghakimi atas apa yang terjadi pada dirimu. Oleh karena itu, ChatGPT dapat menjadi salah satu alat bantu untuk kesehatan mental dan fisikmu. Terkait soal kesehatan fisik, ChatGPT dapat membantu membuat rencana dietmu, mulai dari asupan nutrisi yang harus kamu  konsumsi sampai dengan memberikan saran latihan fisik apa saja yang harus kamu lakukan. Terkadang ChatGPT juga akan membuatkan resep-resep masakan sehat agar rencana dietmu dapat berjalan sesuai rencana.

Bagian terpenting dari tips yang sudah kami berikan di atas adalah kamu harus lebih kreatif dan lebih spesifik dalam memberikan perintah agar kamu mendapatkan jawaban yang kamu inginkan. Jangan takut untuk terus mencoba dan bereksplorasi dengan perintah (prompt) sesuai dengan yang kamu inginkan.

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: