Pendidikan Kunci Peradaban

Pendidikan Kunci Peradaban

Pendidikan merupakan hal yang esensial sebagai proses pemanusiaan dalam masyarakat. Inti cara kerja pendidikan adalah mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan yang mendasar pada diri setiap individu. Namun, realita yang tersaji adalah kualitas sumber daya manusia khususnya di Indonesia sangat miris dan jauh dari kata baik. Hal ini tidak lepas dari permasalahan pendidikan yang masih belum juga menemukan solusi.

Sponsored links

Pendidikan merupakan hal pokok bagi bangsa Indonesia demi perkembangan bangsa dan negara. Apabila konflik dan masalah yang terjadi dalam sebuah negara ditelaah lebih mendalam maka akan muncul bahwa kurang meratanya pendidikan di suatu negara akan memberikan dampak buruk bagi negara itu sendiri. Belum meratanya pemerataan kesempatan dan akses pendidikan di Indonesia membuat penulis tergerak untuk membahas bagaimana pendidikan yang merata juga harus menjadi fokus dalam usaha memajukan bangsa dan negara.

Harus diakui bahwa pemerataan pendidikan di Indonesia masih menjadi masalah yang belum terselesaikan. Hal ini kemudian terkait dengan berbagai konflik dalam kehidupan sosial masyarakat. Sumber daya manusia adalah poin yang sangat vital karena dalam society yang menjadi subjek utama adalah manusia. Masih adanya kesenjangan dalam kesempatan dan hak untuk menempuh pendidikan terbukti dengan munculnya 2 istilah publik yaitu “kaum berpendidikan” dengan “kaum tidak berpendidikan”. Seharusnya mendapat hak untuk menempuh pendidikan bukanlah hal eksklusif bagi sebagian orang saja.

Apabila dilihat dari sudut pandang yang lain sekalipun, pemerataan pendidikan tetaplah menjadi suatu isu sosial yang hampir semua pihak sepakat bahwa masalah ini harus segera dituntaskan. Menurut budayawan Sabrang Mowo Damar Panuluh, terdapat hal istimewa yang “diberikan” oleh tuhan hanya kepada 2,5% orang pada society berupa kecerdasan bawaan tertentu. Maka akan sangat disayangkan apabila Indonesia kehilangan 2,5% manusia dengan kelebihan berpikir tertentu karena tidak mendapat kesempatan untuk mengikuti proses belajar.

Sejalan dengan apa yang telah diuraikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pendidikan adalah poros yang mengatur kualitas kehidupan sosial masyarakat. Oleh karena itu, pemerataan pendidikan sudah seharusnya menjadi fokus pemerintah khususnya pada daerah daerah terpencil di Indonesia. Bukan hanya mengedepankan pembangunan infrastruktur publik tetapi juga fasilitas fisik dan non-fisik dalam usaha memaksimalkan penyelenggaraan pendidikan.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY

Menulis dan belajar banyak hal terkait fenomena Sosial, Politik, dan Kehidupan.

Artikel Lainnya: