Inilah 6 Cara Memperbaiki Laptop Blank, Tidak Perlu Panik Lagi!

Inilah 6 Cara Memperbaiki Laptop Blank, Tidak Perlu Panik Lagi!

Saat ini, hampir seluruh kegiatan dilakukan secara online, mulai dari pekerjaan hingga pendidikan. Oleh karena itu, laptop menjadi perangkat yang sangat penting. Jika laptop tiba-tiba mengalami masalah dan layarnya blank, tentu akan membuat pemiliknya panik. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut ini 6 cara untuk memperbaiki laptop yang layarnya blank:

Sponsored links

Mengecek Kabel Fleksibel Layar Laptop

Salah satu penyebab laptop blank adalah kerusakan pada kabel fleksibel layar. Anda dapat memeriksa apakah kabel ini rusak dengan menghubungkan laptop ke monitor eksternal. Jika monitor menampilkan gambar setelah terhubung, hal ini menandakan adanya kerusakan pada kabel fleksibel. Gantilah dengan kabel yang baru.

Mengatur Ulang Pengaturan Laptop ke Default

Anda bisa mengembalikan laptop ke pengaturan default dengan masuk ke BIOS. Saat laptop blank, tekan tombol F2, F12, atau Delete pada keyboard. Setelah masuk BIOS, pilih menu exit dan klik ‘Load Setup Defaults’. Konfirmasi pilihan Anda dengan mengklik ‘Yes’, kemudian di menu yang sama, pilih ‘exit saving changes’. Masukkan password jika diminta, ikuti langkah-langkah yang muncul, dan akhiri dengan ‘exit saving changes’.

Menginstall Ulang Windows

Menginstall ulang Windows dapat menjadi solusi untuk laptop yang blank. Dengan melakukan ini, file-file lama akan dihapus dan sistem akan diperbarui, memungkinkan laptop untuk berfungsi kembali dengan normal.

Mengecek Overheating

Jika laptop mendadak blank setelah digunakan dalam waktu lama, mungkin laptop mengalami overheating. Biasanya ditandai dengan mesin laptop yang menjadi panas. Biarkan laptop mendingin untuk sementara waktu. Anda juga bisa memeriksa kipas laptop untuk melihat apakah ada debu atau kotoran yang menghambatnya.

Mengecek Bagian Hardware

Kerusakan hardware juga bisa menjadi penyebab laptop blank. Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke laptop seperti speaker, printer, mouse, baterai, dan power adaptor. Buka casing belakang laptop dan bersihkan komponen seperti RAM.

Membersihkan dan Melepaskan RAM

Masalah pada RAM bisa menyebabkan laptop blank. Cobalah untuk membersihkan dan memasang kembali RAM. Jika laptop masih belum berfungsi dengan baik setelah RAM dibersihkan dan dipasang kembali, mungkin Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Dengan keenam cara di atas, Anda tidak perlu khawatir lagi jika laptop Anda mengalami masalah blank. Semua langkah tersebut relatif mudah dilakukan oleh siapa saja.

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: