Menuju Ospek Mahasiswa Baru 2023

Menuju Ospek Mahasiswa Baru 2023

Agak deg-deg an sih nulisnya, tapi mari kita mulai. Sepotong saran dari mahasiswa yang sudah pernah jadi maba. Sebenarnya patut diapresiasi bahwa dalam beberapa tahun kebelakang kita sudah sangat jarang mendengar kasus perpeloncoan mahasiswa baru oleh kakak-kakak seniornya. Saat ini sepertinya kita semua sudah sadar bahwa memang ada beberapa tradisi di dunia perkuliahan yang lebih baik ditinggalkan.Tradisi perpeloncoan berkedok ospek yang sangat lazim terjadi di masa lalu sudah tidak dilakukan dan tentu kabar tersebut adalah angin segar bagi calon-calon penghuni baru kampus tercinta. Saya sendiri sudah membuktikan bahwa sekarang kita sebagai mahasiswa baru sudah punya hak untuk mendapatkan masa orientasi yang terbilang sangat manusiawi.

Sponsored links

Nah, sekarang adalah saatnya untuk lebih meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan yang ada dalam masa orientasi mahasiswa baru. Sebenarnya tanpa membaca tulisan ini, kita sudah punya beberapa kiblat dalam penyelenggaraan ospek. Ada beberapa universitas yang memang dari tahun ke tahun selalu dianggap rapi dan keren dalam menyelenggarakan orientasi dan pengenalan kampusnya. GERIGI, AMERTA, ODM, PPSMB adalah 4 nama yang setiap tahun mendapat testimoni yang cenderung positif dari peserta bahkan warganet. Harus diakui memang bahwa ada faktor keterkenalan dari beberapa kampus bergengsi tersebut. Tetapi tidak fair juga kalau kita tidak mau mengakui dan mengapresiasi jajaran panitia acara yang sudah bekerja dengan baik. Justru tekanan yang mereka hadapi lebih berat karena harus mempertahankan kesan positif yang sudah dimiliki selama bertahun-tahun.

Setiap tahunnya, kita harus memahami bahwa generasi Z adalah generasi yang sangat mudah bosan. Hampir semua orang di zaman yang serba bisa ini menginginkan sesuatu yang berbeda. Hal baru yang menantang dan seru untuk dilakukan juga merupakan faktor yang bisa meningkatkan kualitas suatu kegiatan. Kami rasa hal itu juga dipahami dan dilakukan oleh jajaran panitia dari beberapa kegiatan yang kita sebutkan di atas. Mereka selalu mencari cara untuk menyelenggarakan kegiatan yang asyik ditambah lagi kegiatan yang anti mainstream. Tiga tahun lalu muncul suatu gebrakan dari salah satu kegiatan Ospek yang sangat membekas di kepala, “taraktakdung 2020”. Hal yang sangat sederhana tetapi karena seru dan anti mainstream kata tersebut akhirnya viral dan mampu mencuri perhatian banyak orang.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwa pekerjaan rumah bagi setiap panitia kegiatan Ospek mahasiswa baru 2023 adalah membuat sesuatu yang seru dan baru. Karena masa Ospek ini juga bisa menjadi sesuatu yang berkesan bagi mahasiswa baru yang bisa menjadi cerita ketika kuliah sudah berjalan nanti. Kami saja cukup antusias menunggu bagaimana meriahnya kegiatan tahun ini nanti. Apalagi mahasiswa baru yang sedang berbahagia sambil mencari info kamar indekos di dekat kampus itu. Sebagian besar teman-teman semester 3 sedang sibuk mempersiapkan semua hal untuk kelancaran kegiatan nanti. Bahkan beberapa dari kami rela meninggalkan kesempatan libur semester demi suksesnya acara. Semangat semuanya, sedikit bosan juga liat postingan twibbon dan video tiktok maba setiap tahun.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNY

Menulis dan belajar banyak hal terkait fenomena Sosial, Politik, dan Kehidupan.

Artikel Lainnya: