ChatGPT dan Midjourney : Kolaborasi Untuk Menciptakan Sebuah Prompt

ChatGPT dan Midjourney : Kolaborasi Untuk Menciptakan Sebuah Prompt

Pada artikel kali ini kita akan kembali mengeksplorasi Midjourney, namun kali ini kita akan coba juga menggunakan ChatGPT untuk membantu kita membuat prompt yang nantinya akan kita gunakan di Midjourney. Penggabungan penggunaan ChatGPT dan Midjourney ini bertujuan untuk memberikan ide prompt apabila kita bingung dan tidak tahu ingin menuliskan prompt yang seperti apa ketika menggunakan Midjourney. Dengan bantuan ChatGPT, kita akan menciptakan inspirasi yang tak terbatas dalam menggunakan prompt di Midjourney.

Sponsored links

Proses ini akan dimulai dengan memberikan sebuah prompt dasar kepada ChatGPT dan meminta ChatGPT untuk mempelajarinya. Setelah ChatGPT merespon prompt yang kita berikan dari sanalah kita akan mulai untuk berkreasi dan bermain dengan imajinasi. Melalui kolaborasi ini, kita akan menyaksikan bagaimana AI dan kreativitas manusia saling melengkapi, menghasilkan konten yang dinamis dan menarik.

Basic Prompt

Oke, langsung saja kita mulai bagaimana kami menggunakan ChatGPT untuk membantu membuat prompt bagi Midjourney. Pertama-tama simpanlah prompt basic berikut ini,

[subject] in the [style/technique], set in a [environment/setting] with a [mood/atmosphere]. Include [details/modifiers], emulate a [specific camera] and [aperture], use [lighting conditions], compose with [composition guidelines], and apply [editing style].

Kemudian masukkan prompt basic tersebut ke ChatGPT dengan menambahkan prompt “this is a midjourney formula” dilanjutkan dengan prompt basic midjourney dan diakhiri dengan “learn this formula and respond yes if you understand”. Untuk lebih jelasnya bisa melihat pada gambar di bawah ini.

Let’s Imagine

Setelah mendapatkan respon dari ChatGPT seperti pada gambar di atas, kita bisa mulai berkreasi dengan imajinasi yang kita miliki. Pada artikel kali ini saya ingin membuat sebuah potrait foto dengan model seorang wanita yang sedang di pantai. Beberapa detail gambar atau object yang saya inginkan saya tambahkan dalam prompt di ChatGPT. Berikut contohnya,

Setelah mendapatkan respon dari ChatGPT saatnya kita mencoba prompt tersebut di Midjourney dan mari kita lihat hasilnya.

The Midjourney

Pada kolom chat Midjourney AI di discord kita akan memilih satu prompt atau kita bisa mencoba semua prompt yang ada, berikut hasil prompt yang saya coba di Midjourney yang telah diberikan oleh ChatGPT.

Cukup menarik bukan hasilnya ?

Try Another Object

Mari kita coba dengan object lainnya. Di sini saya akan mencoba membuat sebuah foto makanan dengan object burger dan dengan sedikit tambahan props. Pertama-tama saya akan menuangkan imajinasi saya menjadi sebuah prompt di ChatGPT seperti pada gambar berikut.

Setelah itu mari kita lihat hasilnya,

Menggabungkan Midjourney dan ChatGPT adalah salah satu solusi yang tepat jika kita mengalami kesulitan ketika akan menjadikan imajinasi kita menjadi sebuah karya. Yuk, sekarang saatnya kamu yang mencoba!

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: