Twitter VS Threads : Mana yang Lebih Baik?

Twitter VS Threads : Mana yang Lebih Baik?

Beberapa waktu ini jagat internet sedang dipenuhi dengan perbincangan sosial media baru, yaitu Threads. Threads sendiri rilis ke publik pada tanggal 6 Juli 2023 dan hanya dalam beberapa jam sudah ada 2 juta pengguna di Threads. Seiring dengan banyaknya pengguna yang mencoba Threads, muncul berbagai perdebatan salah satunya adalah membandingkan Twitter dan Threads untuk mencari mana yang lebih baik? Dari pengalaman kami ketika menggunakan Twitter dan Threads, kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Di artikel kali ini kami akan membahas apa saja sih yang membedakan Twitter dan Threads, meskipun sebenarnya masih terlalu dini untuk membuat penilaian tentang Threads karena saat artikel ini ditulis, hanya berselang satu hari dari Threads dirilis untuk publik. Namun, ini hanyalah penilaian awal kami tentang Threads jika kami bandingkan dengan Twitter, kira-kira siapa sih yang lebih unggul?

Sponsored links

1. Panjang Karakter

Perbedaan pertama adalah panjang karakter. Threads lebih unggul dibanding Twitter yang hanya memberikan 280 karakter saja untuk sekali twit, sedangkan di Threads kita dapat membuat postingan dengan panjang sampai dengan 500 karakter. Nah, buat kamu yang suka nulis panjang-panjang sepertinya Threads lebih cocok buat kamu.

2. Kemudahan Membuat Tulisan

Perbedaan berikutnya adalah Threads memiliki kemudahan dalam membuat postingan berantai atau di Twitter biasa kita kenal dengan kultwit. Di Twitter, kita harus menggunakan nomor atau tagar untuk menautkan postingan satu dengan yang lainnya dalam satu topik. Namun, untuk Threads, kita dapat membuat postingan berantai dalam satu post saja. Cukup dengan menekan tombol enter sebanyak tiga kali dan tulisan kita sudah terlihat rapi.

3. Direct Message

Ada beberapa fitur di Twitter yang belum ada di Threads salah satunya adalah fitur DM atau Direct Message. Buat kamu yang masih membutuhkan fitur tersebut sepertinya Threads masih belum bisa mengakomodir kebutuhan kamu. Jadi, Twitter masih pilihan terbaik untuk kamu.

4. Pilihan Topik

Di Twitter, kita bisa menentukan topik mana yang kita suka dan akan kita ikuti, misalnya politik, teknologi atau film. Untuk Threads sendiri, belum ada fitur yang ditawarkan seperti Twitter untuk menentukan topik yang kita suka. Jadi, buat kamu yang suka ikut diskusi dengan topik tertentu, jangan dulu beralih ke Threads karena Twitter masih jadi pilihan terbaik untuk hal tersebut.

5. Tamplian UI/UX

Perbedaan selanjutnya adalah dari sisi interface (tampilan). Threads sendiri memiliki tampilan atau UI/UX terkesan lebih sederhana dan terlihat membosankan, jika kita bandingkan dengan Twitter yang memuat banyak informasi dalam satu layar. Sebenarnya ini preferensi masing-masing lebih suka yang mana, terlebih lagi Threads masih baru beberapa hari rilis (saat artikel ini ditulis) dan mungkin akan ada update lanjutan terkait hal ini.

6. Hashtag

Saat ini Threads masih belum mendukung fitur hashtag jadi saat ini kita tidak bisa tracking apa saja yang menjadi pembicaraan pada sebuah topik dengan hashtag tertentu. Semoga kedepannya Threads juga akan memberikan fitur hashtag ini.

7. Personal

Jika dilihat tidak adanya hashtag, Threads terasa lebih personal di mana kita dapat membuat sebuah topik yang hanya ditujukan untuk siapa saja yang mengikuti akun kita dan topik tersebut akan menjadi sebuah bahasna hanya antara kita dan followers saja. Jadi, jika kita ingin membahas topik tertentu yang tidak mungkin kita lakukan di Instagram, Threads dapat memfasilitasi itu semua.

Itu dia sedikit perbedaan antara Twitter dan Threads yang kami rasakan saat mencoba Threads. Kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi tergantung dari kebutuhan serta preferensi kamu. Mau pakai yang mana? itu tergantung dari kamu tetapi tidak ada salahnya kita membuat akun di Threads, siapa tahu nanti Threads bisa lebih besar dari Twitter.

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: