Kue Putri Noong: Si Cantik dan Ikonik dari Sunda

Kue Putri Noong: Si Cantik dan Ikonik dari Sunda

Apa itu Kue Putri Noong?

Kue Putri Noong adalah salah satu jenis jajanan tradisional bertekstur kenyal yang terbuat dari singkong dan pisang berasal dari Jawa Barat. Nama ‘Putri Noong’ dalam Bahasa Indonesia berarti ‘Putri yang Mengintip’, menggambarkan tampilan dari kue ini. Ciri khas dari kue ini adalah warnanya yang cerah dan menarik, dihasilkan dari penggunaan pewarna makanan. Teksturnya yang kenyalnya berasal dari singkong dan dengan rasa manis dari pisang, membuatnya menjadi favorit banyak orang.

Sponsored links

Kenapa Disebut Kue Putri Noong?

Nama ‘Putri Noong’ atau ‘Putri yang Mengintip’ ini diberikan karena bentuk kuenya yang unik, di mana potongan pisang di tengahnya seperti mata yang sedang mengintip. Karena bentuknya yang unik sering kali kue ini juga menarik perhatian para pembeli di pasar.

Kue Putri Noong telah menjadi salah satu warisan kuliner lokal dan menjadi bagian tak terpisahkan dari sejarah kuliner Sunda. Meskipun seiring waktu banyak makanan modern bermunculan, kue ini tetap bertahan dan terus dicari oleh banyak orang, baik warga lokal maupun wisatawan. Jika di daerahmu susah untuk mendapatkan kue ini tapi kamu penasaran dengan rasanya, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan resep berikut ini.

Bagaimana Cara Membuat Kue Putri Noong?

Pada bagian ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat kue tersebut. Resep Kue Putri Noong cukup sederhana dan bahan-bahannya mudah ditemukan, sangat cocok untuk mencoba membuat sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  1. Singkong, parut halus – 1 kg
  2. Pisang, potong sesuai selera – 3 buah
  3. Gula pasir – 250 gram
  4. Garam – 1/2 sendok teh
  5. Pewarna makanan (merah, kuning, hijau) – secukupnya
  6. Daun pisang – untuk membungkus
  7. Kelapa parut – 250 gram
  8. Daun pandan – 2 lembar

Cara Pembuatan:

  1. Persiapan: Bersihkan singkong, lalu parut. Campur singkong parut dengan gula, garam, dan margarin cair. Bagi adonan menjadi tiga bagian dan beri pewarna makanan pada masing-masing bagian.
  2. Pembungkusan: Siapkan daun pisang yang telah direbus sebentar. Letakkan adonan singkong berwarna pada daun pisang, lalu letakkan potongan pisang di atasnya. Bungkus adonan seperti lontong dan sematkan dengan lidi atau tusuk gigi.
  3. Pengukusan: Kukus bungkusan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga matang.
  4. Penyajian: Setelah matang, potong-potong Kue Putri Noong dan gulingkan pada kelapa parut yang telah dikukus bersama daun pandan.

Resep Kue Putri Noong

Kue Putri Noong siap disajikan sebagai cemilan yang lezat. Proses pembuatannya yang sederhana dan bahan-bahannya yang mudah ditemukan membuat kue ini cocok untuk dijadikan alternatif cemilan tradisional di rumah.

FAQ: Pertanyaan Umum tentang Kue Putri Noong

  1. Apa rasa dominan dari Kue Putri Noong? Rasa dominan dari Kue Putri Noong adalah manis dan kenyal. Manisnya berasal dari kombinasi singkong dan gula, sementara teksturnya kenyal dari singkong yang telah dikukus.
  2. Bisakah menggunakan bahan lain selain singkong untuk membuat Kue Putri Noong? Kue Putri Noong secara tradisional dibuat dengan singkong. Mengganti singkong dengan bahan lain mungkin mengubah rasa dan tekstur asli dari kue ini. Namun, beberapa variasi mungkin menggunakan bahan lain sebagai eksperimen.
  3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat Kue Putri Noong? Pembuatan Kue Putri Noong memerlukan waktu sekitar 1 jam, termasuk waktu untuk menyiapkan bahan, membungkus, dan mengukus.
  4. Apakah Kue Putri Noong bisa bertahan lama setelah dibuat? Kue Putri Noong paling enak disantap dalam beberapa jam setelah dibuat. Jika disimpan di tempat yang sejuk, kue ini bisa bertahan hingga 1-2 hari.
  5. Apakah Kue Putri Noong cocok untuk dijadikan cemilan di acara khusus? Ya, Kue Putri Noong sangat cocok untuk dijadikan cemilan di acara-acara khusus. Warna-warninya yang cerah dan rasanya yang manis membuat kue ini menarik dan disukai banyak orang.

 

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: