Search Engine Optimization (SEO) di 2023

Search Engine Optimization (SEO) di 2023

Search Engine Optimization (SEO) di 2023

Bagaimana Search Engine Optimization (SEO) di 2023? SEO adalah salah satu elemen penting dari Digital Marketing dan selalu mengalami perubahan seiring waktu. Di tahun 2023, ada beberapa aspek penting dalam SEO yang sebaiknya kita perhatikan, seperti Topical Authority, SEO On-Page, Backlinking, Power/Juice dan Siloing. Apa sajakah itu? Kami akan membahasnya satu per satu di artikel ini.

Sponsored links

Topical Authority

Topical Authority adalah konsep di mana sebuah situs web atau halaman web dianggap sebagai sumber yang dapat dipercaya dan memiliki kredibilitas pada topik atau subjek tertentu oleh mesin pencari. Situs web dengan topical authority yang tinggi biasanya akan mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian untuk kata kunci yang terkait dengan topik tersebut.

Misal, jika kita memiliki situs web yang berfokus pada resep masakan dan secara konsisten kita memposting sebuah resep masakan yang informatif dan mudah diikuti bagi siapa saja yang membacanya, maka mesin pencari akan mulai mengenali situs web kita sebagai sumber yang kredibel untuk topik yang berkaitan dengan “resep masakan”. Ini berarti jika nanti ada sesorang mencari dengan kata kunci “resep rendang” dan situs web kita memiliki artikel tentang cara membuat rendang, maka peluang situs web kita muncul di hasil pencarian pada peringkat atas semakin besar.

Lalu, bagaimana cara untuk membangun topical authority? berikut beberapa cara yang bisa kita coba:

  1. Konten Berkualitas: membuat konten berkualitas adalah hal terpenting dalam proses membangun topical authority. Buatlah konten yang informatif, relevan dan memiliki value untuk pembaca situs web kita. Konten tersebut harus bisa menjawab “pertanyaan” mereka, membantu permasalahan mereka atau memberikan wawasan baru yang semua itu terkait dengan topik yang sedang kita bahas.
  2. Konsiten: Posting konten secara konsisten juga dapat membangun topikal authority dan selain itu dengan posting secara konsisten atau terjadwal dapat membantu meningkatkan kunjungan kembali ke situs web kita.
  3. Tautan Internal: Berikan tautan internal pada setiap artikel kita yang mengarah ke konten lain di situ web kita dan tentu saja yang masih relevan dengan topik tersebut. Hal ini dapat membantu membangun struktur situs web kita dan memperkuat topical authority pada situs web.
  4. Tautan Eksternal: Jika kita memberikan data kuantitatif atau mengutip pernyataan oleh tokoh tertentu dalam artikel tersebut, jangan lupa memberikan tautan eksternal kepada situs web yang memberikan data atau kutipan tersebut agar situs web kita tidak dianggap oleh mesin pencari telah memberikan data atau pernyataan palsu terkait topik tersebut.
  5. Backlink Berkualitas: Memasang backlink untuk situs website kita juga dapat memperkuat topical authority. Namun, backlink tersebut harus berkualitas dan berasal dari situs web yang memiliki topik yang sama.  Dengan memberikan backlinks berkualitas maka mesin pencari akan menganggap situs web kita adalah sumber yang dapat dipercaya karena ada situs web yang merekomendasikan situs web kita melalui tautan yang ditaruh di situs web mereka.

Contoh implementasi topical authority bisa dilihat pada situs web seperti Healthline atau WebMD. Kedua situs ini berfokus pada topik kesehatan dan kedokteran, dan mereka secara konsisten memposting artikel dengan bahasa yang informatif dan sumber yang kredibel. Karena hal tersebut, mereka dianggap memiliki otoritas tinggi dalam bidang kesehatan dan kedokteran dan dapat dipastikan akan sering muncul di peringkat atas dalam hasil pencarian untuk kata kunci yang terkait dengan topik tersebut.

SEO On Page

SEO On Page adalah teknik optimasi yang dilakukan pada situs web yang kita miliki, hal ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat pada mesin pencari dan mendapatkan lalu lintas kunjungan yang lebih relevan sesuai dengan topik yang kita bahas. SEO On Page mencakup berbagai aspek, diantaranya adalah optimasi kata kunci (keywords optimization), meta title dan deskripsi, optimasi URL dan sebagainya. Di bawah ini adalah beberapa contoh dari implementasi SEO On Page yang dapat kita lakukan:

  1. Optimasi Kata Kunci: Jika kita memiliki artikel dengan kata kunci “cara merawat tanaman hias”, pastikan kata kunci tersebut ada di beberapa bagian penting dalam artikel kita, seperti judul, subjudul, dan awal paragraf pertama pada artikel dan beberapa kali dalam artikel itu sendiri.
  2. Meta Title dan Deskripsi: Meta title dan deskripsi adalah judul dan deskripsi yang muncul pada hasil mesin pencarian yang menjelaskan apa yang ada pada situs web tersebut. Untuk itu kita harus melakukan optimasi pada meta title dan deskripsi dengan memasukkan kata kunci di dalamnya. Optimasi tersebut dapat dilakukan melalui plugin SEO yang telah disediakan oleh CMS yang kita gunakan, dalam kasus ini pada situs web yang menggunakan WordPress. Misalnya, untuk halaman tentang “cara merawat tanaman hias”, sebaiknya kita menuliskan meta deskripsi seperti “Pelajari cara merawat tanaman hias Anda dengan panduan langkah demi langkah ini”.
  3. Optimasi URL: URL halaman situs web kita harus mudah dibaca oleh manusia dan mesin pencari. Gunakan kata kunci sebagai URL situs web kita, seperti contoh, “www.situswebanda.com/cara-merawat-tanaman-hias” lebih baik daripada “www.situswebanda.com/post123”.
  4. Optimasi Gambar: Jika kita memiliki gambar pada halaman situs web, pastikan untuk memberikan alt-text pada gambar tersebut dengan kata kunci yang kita miliki dan tetap relevan. Misalnya, untuk gambar tanaman hias, alt-text yang diberikan bisa seperti “tanaman hias yang sehat dan terawat dengan baik”.
  5. Struktur Situs yang Baik: Situs web kita harus memiliki struktus yang jelas dan tidak membuat bingung orang yang mengunjungi situs web tersebut. Selain memudahkan pengguna, hal ini juga akan memudahkan robot mesin pencari memahami struktur situs web kita dan konten apa saja yang kita miliki. Dalam hal ini kita harus memberikan menu navigasi yang jelas terkait situs web tersebut seperti halaman “Beranda”, “Tentang Kami”, “Blog”, dan “Kontak”.

Backlinking

Search Engine Optimization (SEO) di 2023 Backlink

Backlinking adalah proses mendapatkan tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs web kita. Backlink berkualitas yang kita dapat dari situs web yang memiliki otoritas tinggi dapat meningkatkan peringkat SEO dan membantu membangun Topical Authority. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan backlink:

  1. Konten Berkualitas: Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan backlink adalah dengan membuat konten yang berkualitas sehingga orang lain mau memberikan eksternal link di situs web mereka menuju situs web kita. Misalnya, jika kita menulis tutorial lengkap “cara merawat tanaman hias” bisa saja situs web lain yang membahas topik serupa akan mencantumkan tautan situs web kita sebagai sumber dari artikel mereka.
  2. Outreach: Kita juga bisa meminta situs web lain untuk memberikan tautan ke konten yang kita miliki. Sebagai contoh, jika kita menemukan situs web lain yang memiliki tautan ke artikel yang kurang lengkap, tidak update atau bahkan malah menjadi broken link tentang “cara merawat tanaman hias”, kita bisa menghubungi pemilik situs web tersebut dan menyarankan agar mereka menautkan ke situs web kita kita.
  3. Guest Posting: Menulis artikel untuk web lain adalah cara lain untuk mendapatkan backlink. Misalnya, kita bisa menulis tentang “manfaat memiliki tanamah hias di rumah” untuk blog gaya hidup, kita bisa meminta mereka memberikan tautan situs web kita ke dalam bio kita sebagai penulis ketika mereka setuju untuk memuat artikel yang kita buat.

Masih ada beberapa cara membuat backlink untuk situs web kita, seperti meninggalkan komentar di blog orang lain, posting di forum, berbagi di sosial media, menaruk link kita di halaman profil forum atau sosial media, dan lainnya. Namun, perlu diingat bahwa kualitas backlink jauh lebih penting daripada kuantitas dan kita harus selalu berusaha untuk mendapatkan backlink dari situs yang memiliki otoritas tinggi dan kredibel.

Power/Juice

Dalam SEO, istilah “power” atau “juice” digunakan sebagai istilah yang merujuk pada nilai atau otoritas yang diberikan dari satu halaman sebuah situs web lain melalui tautan yang ada. Konsip ini dikenal juga dengan istilah “link juice“.

Misalnya, jika sebuah halaman pada situs web yang memiliki otoritas tinggi dan populer menautkan ke halaman situs web kita, maka sejumlah “link juice” atau otoritas akan diberikan kepada situs web kita. Hal tersebut dapat membantu  meningkatkan peringkat halaman dalam hasil pencarian di mesin pencari seperti Google.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan “link juice” atau “power” yang kita terima:

  1. Dapatkan Backlink Berkualitas: Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mendapatkan backlink dari situs web yang kredibel dan berotoritas tinggi dapat membantu meningkatkan otoritas situs web kita. Semakin tinggi otoritas situs yang menautkan ke situs web kita, semakin banyak “link juice” yang akan kita terima.
  2. Optimalkan Tautan Internal: Tautan internal, atau tautan yang mengarah ke halaman lain di situs web kita, juga dapat membantu mendistribusikan “link juice” ke suluruh situs web kita. Pastikan untuk menggunakan tautan internal secara benar dengan mengarahkan “link juice” ke halaman yang ingin kita naikkan peringkatnya.
  3. Hindari Tautan yang Rusak: Tautan yang rusak atau “broken links” dapat menyebabkan “link juice” terbuang sia-sia. Pastikan untuk secara rutin memeriksa situs web kita untuk mengetahui apakah ada tautan yang rusak atau tidak dan jika ada kita harus segera memperbaikinya secepat mungkin.
  4. Gunakan Tautan yang Relevan: Mesin pencari mempertimbangkan relevansi tautan saat menentukan berapa banyak “link juice” yang akan diberikan. Pastikan tautan yang kita buat, baik internal maupun eksternal, relevan dengan apa yang kita bahas pada halaman tersebut.

Siloing

Siloing adalah teknik SEO dengan mengatur kategori situs kita menjadi beberapa kategori atau “silo” yang berbeda untuk setiap konten. Tujuannya adalah untuk membuat struktur situs yang jelas dan tentu saja memudahkan pengunjung situs web dan mesin pencari saat mencari konten yang terkait dengan topik-topik tertentu. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk melakukan teknik siloing.

  1. Pembuatan Kategori: Misalnya, jika kamu memiliki blog tentang kesehatan dan kebugaran, mungkin kamu akan membuat kategori seperti “Nutrisi”, “Olahraga”, dan “Kesehatan Mental”. Setiap postingan situs web kita harus dikategorikan dengan tepat.
  2. Deskripsi Kategori: Setelah kita membuat kategori, jangan lupa untuk memberikan deskripsi di setiap kategori tersebut. Deskripsi tersebut bisa deskripsi singkat tentang apa yang dapat ditemukan pengguna dalam kategori tersebut.
  3. Penggunaan Menu: Kita harus menggunakan menu situs web kita untuk memandu pengguna melalui struktur silo yang kita buat. Pastikan setiap kategori memiliki tempatnya sendiri dalam menu, dan gunakan sub-menu jika perlu untuk menunjukkan halaman atau postingan individual dalam setiap kategori.
  4. Penggunaan Tautan Internal: Tautan internal adalah bagian penting dari siloing. Kita harus berusaha untuk menghubungkan halaman dan postingan yang berada dalam kategori yang sama. Misalnya, jika kita memiliki postingan blog tentang latihan kardio dalam kategori “Olahraga”, Kita bisa menghubungkannya dengan postingan lain dalam kategori yang sama.

Dengan memahami dan menerapkan strategi-strategi di atas, Kita dapat membangun situs web yang memiliki otoritas tinggi dan kredibel yang tidak hanya menarik bagi pengunjung situs web kita, tetapi juga mesin pencari dan yang terpenting adalah SEO merupakan proses yang berkelanjutan dan memerlukan upaya yang konsisten.

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: