Jam FYP TikTok : Catet! Cara Ini Bisa Buat Konten Video Kamu FYP!

Jam FYP TikTok : Catet! Cara Ini Bisa Buat Konten Video Kamu FYP!

Jam FYP TikTok – TikTok telah menjadi platform media sosial yang sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, platform ini menawarkan peluang besar untuk individu dan bisnis untuk menjangkau audiens yang luas. Salah satu fitur unik dari TikTok adalah “For You Page” (FYP), yang merupakan feed personalisasi yang menampilkan video berdasarkan apa yang telah kamu tonton dan sukai sebelumnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana kamu dapat mengoptimalkan waktu posting kamu di TikTok untuk meningkatkan peluang videomu muncul di FYP dan menjadi viral.

Sponsored links

Jam FYP TikTok, Mengapa Kita Harus Tahu?

Waktu atau jam posting di TikTok dapat memiliki dampak besar kepada banyaknya orang yang melihat dan berinteraksi dengan video yang kamu unggah. Jika kamu memposting pada waktu ketika audiens paling aktif, maka kamu memiliki peluang lebih besar untuk videomu dilihat dan dibagikan, yang nantinya dapat meningkatkan peluang video tersebut untuk muncul di FYP dan menjadi viral.

Dengan mengetahui Jam FYP Tiktok kita bisa mengetahui waktu terbaik kapan pengguna TikTok paling sering menggunakan sosial media dan jika kita posting pada jam tersebut maka peluang terjadinya interaksi pengguna TikTok dengan konten yang kita posting akan semakin besar.

Kapan Jam FYP TikTok?

Semua konten creator di TikTok tentunya mau konten yang mereka buat bisa FYP. Menariknya di TikTok setiap konten kreator, baik besar maupun kecil, memiliki peluang yang sama dalam hal FYP. Karena hal tersebut, TikTok dikenal sangat ramah dengan konten creator baru, yang terpenting adalah konten yang kamu buat menarik dan diunggah pada waktu yang tepat.

Influencer Marketing Hub telah melakukan penelitian terhadap waktu FYP TikTok. Mereka menganalisa 100 ribu postingan TikTok untuk menentukan waktu yang ideal agar video bisa masuk FYP. Berikut adalah jadwal jam FYP TikTok,

  • Senin: 09.00 WIB, 17.00 WIB, 21.00 WIB
  • Selasa: 13.00 WIB, 15.00 WIB, 20.00 WIB
  • Rabu: 18.00 WIB, 19.00 WIB, 22.00 WIB
  • Kamis: 06.00 WIB, 20.00 WIB, 23.00 WIB
  • Jumat: 16.00 WIB, 24.00 WIB, 02.00 WIB
  • Sabtu: 06.00 WIB, 07.00 WIB, 22.00 WIB
  • Minggu: 03.00 WIB, 18.00 WIB, 19.00 WIB

Dapat dilihat dari jam-jam tersebut bahwa potensi video masuk FYP lebih tinggi pada jam-jam santai, bukan di jam-jam sibuk. Misalnya pada saat jam istirahat atau saat jam pulang kantor. Selain itu, jam 10-11 malam juga sangat berpotensi FYP karena pada jam tersebut banyak orang yang sedang santai dan mencari hiburan sebagai pelarian dari hiruk pikuknya hari tersebut.

Namun, perlu diperhatikan juga penentu FYP selain jam FYP TikTok yaiut kualitas konten yang diunggah. Kualitas konten seperti apakah yang dimaksud?

Membuat Konten FYP di TikTok

Membuat konten FYP di sini bukan hanya membuat konten yang menarik secara visual tetapi juga dapat menarik interaksi dari yang melihatnya. Untungnya TikTok dikenal sangat ramah kepada pengguna baru, bahkan videomu bisa FYP meskipun kamu belum memiliki banyak pengikut asalkan video yang kamu buat memenuhi syarat berikut ini (urutan dari atas mulai dari bobot yang terpenting berdasarkan algoritma 2023),

  1. Watch Time: Semakin banyak orang yang menonton video kita sampai selesai maka video kita akan berpotensi menjadi FYP untuk itu gunakan prinsip 3-5 detik pertama video mu harus bersifat clickbait, bikin penasaran dan menarik agar nantinya orang mau menonton video yang kamu buat sampai selesai.
  2. Share: Apabila banyak yang melakukan share, maka video kamu akan semakin berpotensi FYP untuk itu kamu bisa memancing orang melakukan share dengan membuat video yang relate dengan kehidupan sehari-hari, menghibur atau video yang bersifat informatif dan bermanfaat.
  3. Add to Favorites: Jika ada banyak yang menambahkan video kamu ke list video favorit mereka maka TikTok akan mempertimbangkan videomu layak untuk ditampilkan ke lebih banyak pengguna TikTok yang bukan pengikutmu.
  4. Like dan Komen: Banyaknya komentar dan like menjadi salah satu syarat video kamu FYP namun bobotnya bisa dibilang bukan menjadi yang paling utama. Jika video kamu hanya banyak yang like tetapi tidak ada yang menonton video kamu sampai selesai (watch time) maka potensi untuk FYP tidaklah besar.

Lalu bagaimana bisa video kita ada yang menonton, ada yang share, dsb jika pengikut saja masih nol? Nah, seperti diawal yang kami telah sebutkan bahwa TikTok sendiri sangat ramah kepada pengguna baru artinya setiap kita membuat sebuah video baru, video tersebut akan TikTok deliver ke 200 pengguna TikTok secara random dan apabila ke 200 pengguna tersebut melakuakn interaksi seperti menonton video sampai selesai, melakukan share, dsb maka TikTok akan memperluas jangkauan video kamu ke ratusan pengguna lainnya dan dari situlah proses video menjadi FYP dimulai.

  • Untuk menarik interaksi tersebut tentu tidaklah mudah namun poin pentingnya adalah seperti ini,
  • 3-5 detik pertama video kamu harus membuat orang penasaran agar mau menonton sampai akhir.
  • Buat video dengan durasi waktu antara 18-30 detik karena orang biasanya malas melihat video yang terlalu panjang.
  • Orang menggunakan sosial media TikTok untuk mencari hiburan, jadi usahakan kontenmu bersifat menghibur.
  • Biasanya pengguna TikTok senang dengan konten drama atau segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari (entah itu settingan atau tidak).
  • Buatlah konten yang simpel dan sederhana tetapi bersifat menghibur atau informatif.
  • Pakailah text untuk mempertegas apa yang sedang kamu bahas atau bicarakan karena terkadang ada orang yang menonton tidak menyalakan suara atau sedang berada dikeramaian.
  • Gunakan backsound yang banyak beredar di FYP kamu.
  • Hashtag untuk caption usahakan 3-5 saja tidak lebih dari itu.
  • Upload video kamu pada jam FYP Tiktok atau gunakan rumus 136.

Rumus TikTok 136

Banyak yang belum mengetahui apa itu rumus 136 pada TikTok, sebenarnya rumus ini bisa dibilang cukup ampuh digunakan agar konten yang kamu buat masuk ke FYP. Rumus 136 adalah setiap 1 hari kamu harus posting konten sebanyak 3 konten video dengan selang waktu setiap 6 jam dan dilakukan selama 6 bulan secara terus menerus, dengan cara tersebut potensi konten menjadi FYP sangatlah besar.

Yang terpenting dalam menjadi konten kreator TikTok adalah konsistensi, tanpa konsistensi kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah sedikit tips jam FYP TikTok dan bagaimana cara membuat kontenmu menjadi FYP. Yuk, langsung saja praktek di akun TikTok kamu!

SEO Expert and AI Enthusiast. Someone Who Loved Culinary Arts and Traveling.

Artikel Lainnya: